Meriah, Ratusan Masyarakat Antusias Hadiri Festival Kontes Parittiga Expo 2024

Dody Zuhdi
0

 




Bangka Barat – Ratusan Masyarakat Kecamatan Parittiga tumpah ruah meriahkan Festival kontes durian lokal unggulan Parittiga Expo 2024 dalam rangka HUT Ke -13 di Exs Garasi PT Timah, Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat. Minggu (14/01/2024).


Salah satu panitia Parittiga Expo 2024, Arief Rakhman Hakim menjelaskan, festival kontes durian yang digelorakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemulihan ekonomi masyarakat di Kecamatan Parittiga dan Jebus pada sektor pertanian jenis buah-buahan satu diantaranya buah durian.


“Durian adalah satu buah unggulan exotic yang produksinya sangat berlimpah di Bangka Barat pada umumnya, Kecamatan Parittiga dan Kecamatan Jebus khususnya,” katanya.


Menurut Arief Rakhman Hakim, penikmat buah durian ini sangat banyak dari berbagai kalangan, sehingga festival kontes durian ini menjadi moment yang dinantikan oleh para penggemarnya pada kegiatan acara Parittiga Expo 2024.


Selain itu, festival kontes Durian ini bermakna untuk menemukan varietas durian unggulan lokal yang sudah menjadi varietas unggulan nasional yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Sehingga dapat mensejahterakan petani durian di Kecamatan Parittiga dan Jebus.


Hasil penjurian yang alot dan lama menghasilkan kesepakatan 

Juara Festival Durian Lokal II Unggulan di rangkaian kegiatan Parittiga Expo, sebagai berikut :


1. Midun, Nomor 8, Desa Air Putih, Kecamatan Mentok, dengan nama Durian  Dragon Skin/Durian Sisik Naga. 

2. Desi Islamiyati P, Nomor 22, Desa Air Limau, Kecamatan Mentok, dengan nama Durian Linglung

3. Fery, nomor 14, Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, dengan nama Durian Kemarun

4. Dewi P, Nomor 16, Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, dengan nama Durian Bukit Tuto


“Rangkaian kegiatan acara Parittiga Expo 2024 kontes durian ini dijadikan produk unggulan untuk ikonnya Kabupaten Bangka Barat,” jelasnya.


Arief Rakhman Hakim berharap, festival kontes durian ini bisa dilaksanakan rutin agar kedepan bisa menjadi ikon daerah sehingga mendatangkan wisatawan yang lebih banyak.


Ia mengatakan dengan festival kontes durian ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat harus terus beriktiar meningkatkan potensi yang dimiliki dengan komoditi durian unggulan ini ke kanca nasional maupun internasional.


Adapun juri Festival Kontes Durian Lokal II Unggulan Parittiga, berasal dari berbagai latar belakang, baik dari daerah maupun luar negeri, yaitu :


1. Haji Nurhulis, praktisi dan penggiat durian dari Lagoon Tani, Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

2. Dedi Wahyudi, SH, praktisi dan penggiat Durian dari Poktan Delis, Desa Air Belo. Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat

3. Catur Dian Mirzada, SP, Manager Area Marketing Manager PT. Meroke Tetap Jaya.

4. Encik Aidi Rosli Khalim, Durian Solo Hunter Malaysia (Penulis Buku).

5. Budi Jaya Santosa, SP, Penggiat Durian Babel.


Durian lokal unggulan Kecamatan Parittiga dan Kecamatan Jebus ini memiliki kualitas rasa dan tekstur yang cukup baik dan tidak kalah oleh durian-durian lain. Oleh karena itu Arief Rakhman Hakim mengajak untuk terus memasarkan dan memodifikasi agar kualitas durian tersebut semakin baik.


“Kami bangga terhadap petani durian di Kecamatan Parittiga dan Kecamatan Jebus dan pada umumnya di Bangka Barat yang selama ini terus bersemangat dan konsisten untuk mengembangkan komoditi durian sehingga bisa menjadi ikonnya Kabupaten Bangka Barat,” ucapnya.


Arief Rakhman Hakim menyebut, hortikultura merupakan unggulan program pembangunan, oleh karena itu produktivitas masyarakat yang berdaya saing melalui agrobisnis dan pariwisata yang berkelanjutan harus terus ditingkatkan melalui event-event tersebut.


“Ketika kita mengembangkan komoditas durian di Kecamatan Parittiga dan Kecamatan Jebus bisa berdampak untuk menarik perhatian para pengunjung yang datang ke Bangka Barat,” bebernya.


“Mudah mudahan ini terus berkembang dan bermanfaat bahkan menjadi ciri khas Kabupaten Bangka Barat, kita ucapkan Terima kasih kepada bapak Bupati Bangka Barat, H. Sukirman beserta rombongan dan Tim Juri menghadiri Kontes durian di Parittiga Expo 2024,” tutupnya. (Sunardi)


Juara Festival Durian Lokal II Unggulan di rangkaian kegiatan Parittiga Expo, sebagai berikut :

1. Midun, Nomor 8, Desa Air Putih, Kecamatan Mentok, dengan nama Durian  Dragon Skin/Durian Sisik Naga. 

2. Desi Islamiyati P, Nomor 22, Desa Air Limau, Kecamatan Mentok, dengan nama Durian Linglung.

3. Fery, nomor 14, Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, dengan nama Durian Kemarun.

4. Dewi P, Nomor 16, Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, dengan nama Durian Bukit Tuto.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)